Sabtu, 13 Oktober 2018

Pengertian Bisnis Informatika Beserta Contohya

Pengertian bisnis

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Dalam ekonomi kapitalis, di mana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, di mana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.


Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Namun definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

Teknologi informasi komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

Pengertian Bisnis Informatika

Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi  disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet.

Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika :

1. Produk

• Hardware / Perangkat Keras
Adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadap hardware/perangkat keras.

• Software / Perangkat Lunak
Adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak.


2. Jasa

• Software House ( pembuatan software sesuai permintaan )
Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikan software, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/ selling products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha ( Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).

• E-commerce ( jual-beli online )
E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).

• Infrastruktur Komputer
Adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.

• IT consultant

menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.

Contoh Perusahaan yang Bergerak pada Bidang Informatika


Valve Corporation adalah pengembang, penerbit permainan komputer sekaligus menyediakan platform distribusi digital untuk pengembang permainan komputer lain. Yang markasnya terletak di Bellevue, Washington, USA, dan terkenal oleh produk pertama mereka yaitu,  Half-Life yang dirilis pada November 1998. Valve didirikan oleh mantan karyawan Microsoft  Gabe Newell dan Mike Harrington pada 24 Agustus 1996, sebagai Valve L.L.C., yang berbasis di Kirkland, Washington di Seattle Eastside. Harrington meninggalkan perusahaan pada tahun 2000. Setelah penggabungan pada April 2003, pindah dari lokasi asalnya ke Bellevue, Washington, kota yang sama tempat penerbit asli mereka, Sierra On-Line, Inc., bermarkas. Pada tahun 2010, kantor dipindahkan lagi ke lokasi yang lebih besar di Bellevue. Pada tahun 2016, Valve menandatangani sewa kantor sembilan lantai di kompleks Lincoln Square di pusat kota Bellevue, dengan kata lain mereka menggandakan ukuran kantor mereka.




Valve Corporation membuat para gamer bergerak penuh ke depan. Seiring dengan pembuatan video game untuk konsol dan perangkat portabel dari Nintendo, Microsoft, dan Sony, serta untuk PC, Valve juga menyediakan platform distribusi digital untuk para pengembang video game yang sangat populer yaitu steam. Judul populer Valve seperti Half-Life, Portal, dan Left 4 Dead tersedia di Steam, serta game dari penerbit seperti Electronic Arts dan Ubisoft. Valve juga melisensikan game engine milik mereka (source engine)  kepada pengembang game lainnya, dan menyediakan konten game ke jaringan cybercafe di 60 negara. Didirikan pada tahun 1996, perusahaan ini memulai dengan bangga menerbitkan Half-Life yang sangat sukses dan diakui pada tahun 1998.

Valve Corporation Overview


        Website             


        Kantor Pusat     
  • Bellevue, Washington, U.S.A.


        Cangkupan Wilayah Perusahaan
  • Seluruh dunia.


        Jumlah Karyawan            
  • 201 - 500 Pegawai.


        Berdiri Sejak              
  • 24 Agustus, 1996.


        Tipe Perusahaan     
  • Perusahaan Swasta.


        Pendapatan Pertahun  
  • $50 - $100 million (USD).


        Sektor Industri
  • Pengembang sekaligus menjual hardware dan software, Serta menyediakan platform distribusi digital untuk perusahaan lain (e-commerce).


Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar