Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata desain berarti
proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau
merancang. Sedangkan grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan
cetak mencetak. Jadi dengan demikian desain grafis adalah kombinasi kompleks
antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan
pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen
ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna
dalam bidang gambar. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata
letak dan desain interaksi.
1. INDUSTRI
PERCETAKAN
Percetakan adalah sebuah proses industri
untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di
atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Dia merupakan sebuah bagian penting
dalam penerbitan dan percetakan transaksi. Printing sendiri memuat memuat
desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan
publikasi lain yang sejenis dalam bentuk cetak.
2. DESAIN
WEB
Web desain adalah istilah umum yang
digunakan mencakup bagaimana isi web konten ditampilkan, (biasanya berupa
hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide
Web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web.
Tujuan dari web design adalah untuk membuat website—sekumpulan konten online
termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web / server.
3. INDUSTRI
FILM.
Desain grafis yang berkaitan dengan
industri perfilman dan TV mencakup beberapa kegiatan, antara lain, konsep
visual, story board, tittle & credits, spesial effect, stage design, sampai
ke materi promosi berupa spanduk, poster film, iklan dan juga materi hasil
produksi berupa VCD atau DVD dari film tersebut.
4. IDENTIFIKASI
(LOGO)
Stationary set dan hal-hal yang
berkaitan dengan branding.
5. DESAIN
PRODUK
Perancangan sebuah produk, sehingga
produk tersebut memenuhi nilai-nilai fungsional yang tepat dan menjadi solusi
bagi masalah yang dihadapi manusia dengan tidak meninggalkan aspek kenyamanan
pengguna melalui teknik-teknik dan ketentuan-ketentuan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar